Berikut Penyampaian Kapolsek Air Besar Saat Hadiri Deklarasi Pemilu Damai 2024

Berikut Penyampaian Kapolsek Air Besar Saat Hadiri Deklarasi Pemilu Damai 2024

Smallest Font
Largest Font

landak.nkrikitanews.com– AIR BESAR, Sebagai bentuk komitmen demi mewujudkan rangkaian pemilu tahun 2024 yang aman dan damai, Pemerintah Kecamatan Air Besar menggelar kegiatan Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024 tingkat Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak, kamis (7/12/2023) Sore. 

Deklarasi pemilu damai tahun 2024 dilaksanakan di Aula Susteran Paroki Gereja Katholik Santo Yohanes Maria Vianney Serimbu yang beralamatkan di Dusun Hanura Desa Serimbu Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak dan turut dihadiri oleh Kapolsek Air Besar IPDA Donny Pati Pratama Yolanda, Camat Air Besar M. Ivan Zulfisani, S.STP, Danramil Air Besar, Ketua Panwaslu Kecamatan Air Besar Imanuel Yoris, SKM, Perwakilan dari PPK Air Besar Bapak Sutono, Caleg dari Partai Golkar Indra Bagia M, Ketua PAC PDI Perjuangan Sugianto, Caleg dari Partai Umat Karim Supendi, Caleg dari Partai Hanura Sutoyo, Para PKD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Para Tamu Undangan. 

Kapolres Landak AKBP I Nyoman Budi Artawan, S.H, S.I.K, M.M. melalui Kapolsek Air Besar IPDA Donny Pati Pratama Yolanda mengungkapkan dalam sambutannya saat acara deklarasi pemilu damai 2024 menyampaikan ada 5 faktor penentu di antaranya, penyelenggaraan pemilu harus berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan.

Kemudian penyelenggara Pemilu harus memiliki integritas dan profesionalitas agar terbangunnya public trust. Ketiga, warga yang memiliki hak pilih menjadi pemilih berdaulat, menjadi pemilih cerdas, memilih dengan pertimbangan rasional, bukan emosional, apalagi politik transaksional.

Selanjutnya, peserta pemilu taat pada aturan yang telah ditentukan perundangan. Serta media informasi yang netral dan edukatif. Keberadaan media harus dioptimalkan sebagai sarana informatif, edukatif, dan advokatif dengan menyebarkan informasi yang positif.

Media diharapkan dapat berperan aktif menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu, Kaposek Air Besar juga memaparkan beberapa tantangan pemilu 2024, diperkirakan masih akan diwarnai isu-isu klasik seperti money politic, isu sara, hoax, black campagne, character assassination dan trust terhadap penyelenggara yang rendah.

Kemudian segregasi (memecah belah masyarakat) dan provokasi sara sangat mudah memicu sentimen dan gerak massa. Masyarakat tidak akan bergerak dan bertindak melawan hukum tanpa ada upaya mobilisasi dari oknum-oknum yang berkepentingan.

Menurut IPDA Donny, saya sangat mendukung pada pelaksanaan kegiatan ini dan Saya harapkan nantinya Pemilu 2024 bisa berjalan dengan tertib, lancar dan Kondusif. Kami dari Pihak Kepolisian akan selalu menjaga Netralitas Kami di Pemilu 2024, dan untuk para caleg silakan bertanding secara sehat dan jaga selalu Kamtibmas agar selalu dalam keadaan yang aman dan kondusif selama Pelaksanaan Pemilu 2024 nantinya, dan untuk para Penyelenggara Pemilu 2024 supaya bisa selalu menjaga kesehatannya demi kelangsungan dan kelancaran Pemilu 2024

Sedangkan Imanuel Yoris, SKM (Ketua Panwascam Air Besar)  menyampaikan Kegiatan Deklarasi yang dilaksanakan ini merupakan merupakan salah satu agenda dari Banwaslu Kabupaten Landak yang di 13 Kecamatan yang berada di Wilayah Kabupaten Landak. Dan Kegiatan ini merupakan suatu komitmen dari semua stakeholder untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, damai dan berintegritas. Saya ingatkan untuk semua pihak seperti ASN, TNI dan Polri agar untuk selalu menjaga netralitas dan Kami dari Panwascam sudah memilik Posko Pengaduan dan jika ada Pelanggaran yang terkait dengan Pemilu ini silakan laporkan biar kami Proses sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.

Dilanjutkan M. Ivan Zulfisani, S.STP menyampaikan Selaku Camat Air Besar Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada Pihak Panwascam Air Besar atas terselenggaranya acara kegiatan pada hari ini. Saya mengajak kepada semua pihak mulai dari Forkompincam, Para Caleg dan Para Partai Politik serta semua unsur lapisan Masyarakat untuk menjaga dan menciptakan stabilitas kamtimbas yang kondusif selama tahapan Pemilu 2024 sampai nantinya pasca Pemilu 2024. Semoga Pemilu 2024 ini nantinya dapat berjalan dengan tertib, lancar dan kondusif, Ikuti segala aturan - aturan main yang telah di keluarkan oleh pemerintah terkait dengan Pemilu 2024  dan Saya himbau kan untuk semua pihak agar selalu menjaga situasi yang aman dan kondusif di tempat tinggal dan lingkungan sekitarnya.

Kemudian seluruh peserta serentak membacakan deklarasi Pemilu Damai 2024 dan diikuti oleh perwakilan parpol peserta pemilu. Selanjutnya parpol peserta pemilu dan Forkopimcam Kecamatan Air Besar menandatangani deklarasi Pemilu Damai tahun 2024.

Adapun isi deklarasi Damai Pemilu 2024 yang digelar Pemerintah Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat yaitu 

Kami Jajaran Panwaslu Kecamatan Air Besar Bersama PPK Kecamatan Air Besar Pengugus Partai Politik, Aparatur Kecamatan, Jabatan Keamanan dan Kepolisian Menyatakan Sikap Sebagai Berikut  :

  • Kami berkomitmen untuk menjaga kedamaian selama kampanye dan pada seluruh tahapan Pemilihan Umum, kami menolak segala bentuk Kekerasan, Retorika, Provokatif atau Tindakan Intimidasi. 
  • Kami berkomitmen untuk menjalankan kampanye yang bermartabat, jujur dan tanpa melakukan pratek-praktek yang merugikan Integritas proses Pemilihan Umum. 
  • Kami menolak segala bentuk kampanye mengatasnamakan Agama untuk mengdiskreditkan Agama lain maupun Kelompok lain yang berbeda pilihan. 
  • Kami menolak Black Campagne/Negative Campagne, dan Money Politic serta Isu Sara yang dapat merusak nilai-nilai Demokrasi. 
  • Kami Siap Berkomitmen dan menjaga Kerukunan dan Persatuan untuk menciptakan Kecamatan Air Besar yang Aman dan Kondusif.

Demikian Pernyataan Sikap Ini Kami Buat Dengan Sebenar-benarnya dan di tanda tangani atas Kesadaran Berbangsa dan Bernegara tanpa ada Paksaan dari Pihak Manapun. 

Kecamatan Air Besar 07 Desember 2023.

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
xixoctha Author

What's Your Reaction?

  • Like
    1
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    1
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow